Cara Mengembalikan Aplikasi Berbasis Java di Symbian OS

#Pengumuman
"Saya akan mengawali artikel yang berkaitan dengan Symbian. Untuk informasi lebih lanjut atas kebijakan ini bisa dilihat artikel dibawah ini."
Baca : Selamat Datang di "Tech Hijau™"

Ketika saya pertama kali mengoperasikan HP ber-OS Symbian, dalam benak saya menyadari ketika menginstal salah satu aplikasi berbasis Java dengan format (.jar) ukuran dalam folder system bertambah. Nah disinilah saya menemukan ide untuk membuat tip & trik ini.


Baca Juga




Via Java™
Biasanya aplikasi Java ini saya unduh lewat situs http://waptrick.one/id/ dan sejenisnya. Ketik unduh aplikasi atau game, pasti unduh secara langsung dan pasang otomatis di HP Symbian. Dengan trik ini  ketika kita hendak menghapus aplikasi Java, maka kita bisa mem-backup atau membuat cadangan aplikasi Java dalam bentuk (.jar) dengan cara sebagai berikut : 
  1. Pertama, bukalah file manager (usahakan pakai X-Plorer)
  2. Buka folder dengan direktori E:\system\MIDlets
  3. Sesudah itu cari folder berisi aplikasi berformat .jar
  4. Silahkan anda mau copy file tersebut sesuai keinginan.
  5. Selesai, aplikasi Java anda ter-backup!
Itulah trik & tip untuk mengembalikan atau mencadang ulang aplikasi java di HP OS Symbian. Kegunaan pasti udah tahu kan ya? Yaitu ketika aplikasi Java terhapus, anda masih bisa memasang lagi aplikasi tersebut secara offline atau tanpa internet. That's it! 😀

Silahkan bagikan pengalamanmu di komentar. 😊







Sumber: Pengalaman Pribadi (Mywapblog)


Mahasiswa jurusan komputer penggiat aktif kabar game/software, kepo teknologi, tutorial, desain dan berbagai hal teknis lainnya. Jika ada masalah, request artikel atau mau curhat terkait teknologi. Anda bisa sampaikan langsung melalui halaman kontak atau bio link.

Previous
Next Post »

💬 Recent Comment Disqus