Setelah Chrome OS, Google Resmi Menghentikan Dukungan Chrome Apps Semua OS Mulai Juni 2020

Google Chrome Apps - Tech Hijau my id
TechHijau.my.id — Google Chrome Apps
Admin mau berbagi nih seputar berita teknologi terbaru terkait dengan Google Chrome. Pasti pada penasarankan beritanya seperti apa? Jangan ditanya lagi dengan browser populer yang satu ini yang sudah digunakan hampir seluruh pengguna diseluruh lapisan dunia menggunakan Browser Chrome.

By the way, Sesuai dengan judul diatas "Setelah Chrome OS, Google Resmi Menghentikan Dukungan Chrome Apps untuk Windows, Mac, dan Linux Mulai Juni 2020" simak penjelasan berikut ini.

Awal Mula Penghentian Dukungan dari Aplikasi Chrome (Chrome Apps)

Sebelumnya pada tahun 2016 lalu di Blog Chromium, Google telah mengatakan, tidak memberikan dukungan untuk aplikasi Chrome alias (Chrome Apps) secara bertahap pada perangkat Chrome OS.
Buat kamu belum tahu, Chrome OS adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google ditujukan untuk perangkat komputer atau desktop. Sistem operasi ini mirip seperti di Android, namun hanya berbeda tampilan dari mobile ke desktop.
Namun saat ini, Google sudah menentukan jatuh tempo tanggal akhir dukungan bagi aplikasi yang sudah terinstal / bawaan (pre-installed) ke Browser Google Chrome ini.

Google menyatakan bahwa, akan menghentikan dukungan aplikasi yang terdapat di Browser Chrome ini mulai bulan Juni 2020 mendatang. Pastinya, proses dalam penghentian dukungan ini dilaksanakan secara bertahap mulai 2020 ini.

Alasan Utama Google Menghentikan Dukungan dari Aplikasi Chrome (Chrome Apps)

Penyebab Google melakukan menghentikan aplikasi dari Chrome ini adalah karena semakin lama berjalannya waktu semakin sedikit pengguna yang menggunakan layanan aplikasi dari Chrome sendiri.

Aplikasi Chrome (Chrome Apps) itu sendiri adalah kumpulan aplikasi buatan Google berbasiskan web yang sudah terinstal (pre-install) dipaket instalasi Browser Chrome, kamu juga dapat menemukannya di Browser Google Chrome (dibagian Apl) atau bisa kamu instal manual dari Chrome Web Store.
Tech Hijau™ - Membuka Akses Aplikasi Chrome (Chrome Apps)
Bagian Akses Aplikasi Chrome
Nah, buat kamu yang sudah memasang aplikasi Chrome tersebut, maka kamu akan melihat tombol pintasan (shortcut) untuk menuju ke web resmi aplikasi disana (Chrome Web Store).

Berikut ini merupakan contoh Aplikasi Chrome (Chrome Apps) yang akan dihentikan dukungan kedepannya.
Google Apps
Google Apps
Seperti yang Admin kutip dari Blog Chromium, berikut rincian informasi tentang jadwal aplikasi Chrome yang bakal dihentikan dukungannya secara bertahap dibawah ini.

Timeline Google Menghentikan Dukungan dari Aplikasi Chrome (Chrome Apps)


➤ Maret 2020


Didalam Chrome Web Store akan berhenti dalam menerima Aplikasi Chrome (Chrome Apps) baru buatan dari Google. Namun, pihak pengembang (developer) masih bisa memperbarui Aplikasi Chrome hingga Juni 2022.

➤ Juni 2020


Semua dukungan Aplikasi Chrome (Chrome Apps) berakhir untuk platform Windows, Mac, dan Linux. Khusus untuk pengguna yang berlangganan Chrome Enterprise dan Chrome Education akan memiliki akses dukungan yang diperpanjang sampai Desember 2020 kedepan.

➤ Desember 2020


Semua dukungan Aplikasi Chrome (Chrome Apps) dihentikan secara total.

➤ Juni 2021


Berakhirnya dukungan untuk API NaCl, PNaCl, dan PPAPI. Serta semua dukungan Aplikasi Chrome (Chrome Apps) berakhir untuk platform Chrome OS. Khusus untuk pengguna berlangganan Chrome Enterprise dan Chrome Education akan memiliki akses dukungan yang diperpanjang sampai Juni 2022 mendatang.

➤ Juni 2020


Pada waktu ini, semua dukungan untuk Aplikasi Chrome (Chrome Apps) berakhir untuk semua pengguna di platform Chrome OS.

Catatan Penting Bagi Pengguna Browser Google Chrome

Namun perlu diingat gaes, Tim Chrome mengatakan bahwa perubahan ini tidak akan berimbas pada dukungan Ekstensi Chrome di Chrome Web Store . Jadi buat kamu yang memakai ekstensi di Chrome tidak perlu panik, jadi masih aman terkendali kecuali aplikasi web buatan dari Google.

Pengalaman Pribadi dari Penulis

Tech Hijau™ - Sudah Lama Hapus Aplikasi Chrome (Chrome Apps)
Aplikasi Chrome (Chrome Apps) sudah lama tidak digunakan dan dihapus
Menurut Admin pribadi, Aplikasi Chrome atau (Chrome Apps) ini sudah lama saya hapus dari Aplikasi Chrome yang terpasang di ekstensi Chrome. Alasan pertama, Admin hapus karena memang pada kenyataannya tidak pernah satupun aplikasi yang saya pakai di Chrome.

Alasan kedua, tentu akan menambah beban perfoma browser Google Chrome sendiri menjadi lambat karena kebanyakan ekstensi atau bloatware seperti Aplikasi Chrome (Chrome Apps) jika terinstal diperangkat dengan spesifikasi rendah seperti perangkat yang saya pakai sekarang.

Nah itulah gaes, masa berakhirnya dari Aplikasi Chrome (Chrome Apps) sebentar lagi akan mati total di browser Google Chrome.

Admin penasaran nih, diantara kamu yang masih bertahan memakai Aplikasi Chrome (Chrome Apps). Kamu juga bisa tuliskan pengalamanmu di kolom komentar yang kosong ini ya, dan bagaimana pendapatmu gaes tentang keputusan yang dipilih oleh Google ini? Admin tunggu balasan kalian di komentar ya!

Oke segitu saja yang bisa Admin sampaikan kepada kalian. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu agar menambah pengetahuan kalian tentang IPTEK dan tentunya biar gak gaptek nanti hehe.

Bagi yang tertarik untuk berlangganan artikel baru dari kami, kamu hanya cukup masukkan email-mu dibawah dan tekan Subscribe untuk berlangganan artikel ini dan nyalakan ikon lonceng notifikasi di pojok halaman untuk mendapatkan notifikasi berita teknologi seperti ini secara gratis.




Sumber: Blog Chromium

Mahasiswa jurusan komputer penggiat aktif kabar game/software, kepo teknologi, tutorial, desain dan berbagai hal teknis lainnya. Jika ada masalah, request artikel atau mau curhat terkait teknologi. Anda bisa sampaikan langsung melalui social media.

Previous
Next Post »

💬 Recent Comment Disqus