Cara Otomatis Mengganti Wallpaper Lock Screen dengan Windows Spotlight di Windows 10

Windows Spotlight - TechHijau.my.id
ilustrasi Windows Spotlight - TechHijau.my.id
Sejak dengan dirilisnya Windows 10, lock screen merupakan penampakan layar yang muncul setelah booting ke OS Windows 10. Bisa dikatakan, lock screen itu merupakan tampilan layar pertama yang kamu lihat setelah PC kembali berjalan setelah proses ketika kamu matikan PC pada mode hibernation atau sleep. Namun beda lagi ya ketika kamu matikan dalam keadaan / mode shutdown.

Oke kembali ke topik, dari fitur lock screen di Windows 10 itu sendiri sudah disediakan untuk menampilkan tanggal, waktu, ikon baterai, jaringan (wifi / selular), atau notifikasi yang muncul di lock screen (jika kamu aktifkan sendiri). Nah pada tutorial Windows 10 pertama ini ijinkan Admin mau share fitur yang tersembunyi di Windows 10, yaitu Windows Spotlight.
Contoh Windows Spotlight - Foto dari Bali, Indonesia

Apa itu Windows Spotlight?

Windows Spotlight adalah sebuah fitur yang tertanam di sistem operasi Windows 10. Kegunaan utamanya adalah agar bisa mengubah wallpaper/background secara otomatis ketika kita hendak ingin login ataupun membuka lock sreen Windows 10. Tujuannya adalah supaya pengguna pada saat login agar tidak terlihat membosankan setiap kali lihat membuka lock screen di Windows.
Seperti yang kita ketahui, pada Windows versi terdahulu seperti di Windows 7 atau Windows 8, tidak ada opsi untuk melakukan operasi tersebut. Beruntungnya, di Windows terbaru yang Admin pakai ini (Win 10), kamu tidak perlu memerlukan program pihak ketiga untuk mengubah gambar pada lock screen secara otomatis. Karena di Windows 10 sendiri sudah dibenamkan pada fitur ini.

Baca Juga



Cara Mengubah Background Login/Lock Screen di Windows 10 secara Otomatis!

Berikut ini caranya untuk mengaktifkan fitur Windows Spotlight dan mengatur agar Windows 10 secara otomatis berdasarkan rentang waktu, kamu bisa mempraktekkan caranya dibawah ini!
  • Langkah 1: Klik kanan pada area kosong di desktop kamu, lalu pilih opsi Personalization ke Settings.
Desktop Windows 10

  • Langkah 2: Pilih tab Lock screen, Pada bagian Background, pilih opsi ke "Windows Spotlight" dari kotak drop-down.
Settings > Personalization
Settings > Personalization > Lock screen

Baca Juga



  • Langkah 3: Pada tab Lock screen tadi, coba kamu aktifkan opsi "Show lock screen background picture on the sign-in screen".
Settings > Personalization > Lock screen

  • Langkah 4: Buat kamu yang tidak sabar ingin langsung melihatnya, kamu bisa kunci PC Windows 10-mu dengan cara tekan Win+L dan selesai!
Windows Spotlight - Lock screen (Windows 10 Version 1903 - May 2019 Update)

Windows Spotlight - Login screen (Windows 10 Version 1903 - May 2019 Update)

*Catatan: Namun perlu diigat, fitur ini membutuhkan koneksi internet ketika kamu aktifkan. Pada dasarnya, fitur ini dapat menghabiskan kouta internet yang digunakan tergantung berapa kali gambar itu berubah, biasanya per-gambar menghabiskan kouta intermet kira-kira sekitar 300KB-3 MB saja.

Tips Tambahan dari Penulis

Selain menawarkan pilihan foto-foto keren dari Microsoft yang sudah ditampilkan hampir setiap harinya (kadang kala tiap minggu), kamu juga bisa memilih kategori gambar seperti apa yang kamu sukai pada lock screen

Contohnya, jika kamu suka gambar pemandangan, maka kamu bisa mengatur agar fitur Windows Spotlight ini hanya menampilkan gambar-gambar kategori yang kamu tentukan pada lock screen.

Cara untuk melakukannya cukuplah mudah, kamu hanya cukup klik opsi "i like it!" atau "Not a fan" pada bagian kolom Windows Spotlight pertanyaan Like what you see? yang terdapat pada lock screen kamu. Nanti background otomatis terganti sampai gambar tersebut cocok sesuai kesukaanmu!

Baca Juga



Info Penutup dari Instagram

Status Instagram Admin
Terima kasih atas request-nya dari Kak Nibras yang sudah diterima dan selesai dibuat. Semoga dengan caranya diatas bisa mudah dipahami dan bisa dipraktekkan ya. 😁
DM dari Instagram

Baca Juga



Buat kamu yang pengen request seperti ini atau yang lainnya, kamu bisa DM lewat social media Admin atau corat-coret dibawah kolom komentar postingan ini ya.

Oke, sekian dari postingan mimin, jangan lupa subcribe dibawah dan nyalakan lonceng notifikasi untuk mendapatkan info tips Windows seperti ini secara gratis. Bagikan juga artikel ini jika dirasa keren kepada temanmu biar pada kepo nih hahaa.

Sampai bertemu lagi dilain kesempatan ya bro/sis! See you guys! 😊

Mahasiswa jurusan komputer penggiat aktif kabar game/software, kepo teknologi, tutorial, desain dan berbagai hal teknis lainnya. Jika ada masalah, request artikel atau mau curhat terkait teknologi. Anda bisa sampaikan langsung melalui halaman kontak atau bio link.

Previous
Next Post »

💬 Recent Comment Disqus