Begini Cara Mudah Mengaktifkan Fitur WhatsApp Dark Mode di Android dan iPhone

Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode - Tech Hijau.my.id
TechHijau.my.id — WhatsApp Dark Mode
Sudah lama nih TechHijau.my.id tidak pernah update untuk kategori Tips dan Editorial. Admin tahu, buat pembaca disini pasti sudah bosankan tentang game melulu haha. Oke kali ini kita membahas hal-hal tren untuk awal bulan Maret ini. Yuk kita bahas selengkapnya dibawah ini gaes.

WhatsApp Resmi Mendapatkan Fitur Mode Gelap atau Dark Mode

Setelah selama ini, WhatsApp telah merilis versi terbaru secara publik dengan menambahnya fitur baru yaitu mode gelap alias dark mode untuk para pengguna. Fitur baru ini berfungsi sebagai merubah antar muka (UI) pada aplikasi WhatsApp / WA menjadi gelap dengan warna hitam ke abu-abu.

Manfaat yang didapat dengan fitur baru ini dipercaya mengurangi ketegangan mata pada saat di lingkungan cahaya yang redup, dan juga tidak mengganggu pandangan orang lain pada situasi ruangan yang dikhususkan gelap seperti contohnya di Bioskop. Selain itu, tanpa adanya cahaya yang keluar yang berlebih maka konsumsi daya baterai pada perangkat akan sedikit lebih hemat apalagi jika perangkat menggunakan layar berjenis AMOLED / OLED.

Setelah sekian lama hadir dalam versi beta pada beberapa bulan lalu, mode gelap ini sudah resmi hadir untuk pengguna WhatsApp Android maupun iPhone secara publik pada tanggal 6 Maret 2020 kemarin. Dark mode merupakan salah satu fitur yang paling banyak permintaan oleh sebagian besar pengguna WhatsApp, memang sudah semestinya jaman sekarang aplikasi sudah mengadopsi fitur mode gelap.


Berdasarkan blog resminya, WhatsApp mengungkapkan bahwa mode gelap bertujuan agar dapat mengurangi ketegangan mata di lingkungan dengan intensitas cahaya yang rendah. Ada dua poin yang menjadi fokus WhatsApp dalam merancang mode gelap di aplikasinya.
  • Poin yang pertama yaitu soal keterbacaan, di mana warna dipilih dapat meminimalkan kelelahan pada mata. Warna gelap di WhatsApp mengikuti warna tema gelap yang ada di sistem default Android dan iPhone.
  • Poin yang kedua adalah soal hierarki informasi, yang membuat kemudahkan pengguna dapat melihat informasi agar terlihat mencolok, seperti adanya menggunakan warna dan elemen gelembung notifikasi berwarna hijau terang pada pesan baru, dan tanda baca tercentang berwarna biru.

Cara Mengaktifkan Fitur Mode Gelap (Dark Mode) di WhatsApp

Kamu bisa mengaktifkan fitur mode gelap WhatsApp dengan cara berikut ini.

Bagi pengguna iPhone

 • Versi iOS 13
Bagi pengguna iPhone dengan iOS 13 versi terbaru, kamu dapat menggunakan mode gelap dengan mengaktifkannya di pengaturan sistem bawaan iOS.

 • Versi iOS 12 Kebawah
Kamu bisa mengaktifkan fitur mode gelap WhatsApp dengan cara memilih menu "Setting". Kemudian pilih "Display & brightness". Setelah itu aktifkan mode gelap dengan memilih opsi "Dark: Turn dark mode on".

Cara untuk mengembalikannya, kamu bisa memilih opsi "Light: Turn dark mode off". Berhubung Admin tidak punya perangkatnya, jadi maafkan jika tidak ada screenshotnya ya.

Bagi pengguna Android

 • Versi Android 10
Bagi pengguna Android dengan versi Android 10, kamu dapat menggunakan mode gelap dengan mengaktifkannya di pengaturan sistem bawaan Adroid yang ada di aplikasi Setelan.

 • Versi Android 9 Kebawah
Kamu bisa mengaktifkan fitur mode gelap WhatsApp dengan cara sebagai berikut:
Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode - Tech Hijau.my.id (1)
Cara Mengaktifkan Dark Mode / Mode Gelap WhatsApp (1)
 • Buka aplikasi WhatsApp / WA, lalu pilih icon titik tiga (menu) disebelah pencarian.
 • Pilih opsi Setelan / Settings.
 • Pilih opsi Chat / Chats.

Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode - Tech Hijau.my.id (2)
Cara Mengaktifkan Dark Mode / Mode Gelap WhatsApp (2)
 • Pada bagian Tampilan / Display, pilih opsi Tema / Theme.
 • Muncul jendela opsi Pilih tema / Choose theme > Gelap / Dark, lalu tekan OK.

Berikut tampilan WhatsApp Dark Mode di Android 9 punya perangkat Admin sendiri.
Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode - Tech Hijau.my.id (Tampilan)
Tampilan Dark Mode / Mode Gelap WhatsApp
Cara Mengaktifkan WhatsApp Dark Mode - Tech Hijau.my.id (Syarat)
Android 9 > Play Store > Pembaruan WhatsApp
Note: Pastikan WhatsApp kamu sudah diperbarui (update) ke versi 2.20.64 agar tersedia fitur Dark Mode / Mode Gelap.

Oke segitu saja yang bisa Admin sampaikan kepada kalian. Semoga bermanfaat dan bantu Admin bagikan artikel ini ke teman-temanmu agar menambah pengetahuan kalian tentang IPTEK dan tentunya biar gak gaptek nanti.

Bagi kalian yang masih bingung, tanya-tanya atau request artikel, kamu bisa menyampaikannya dibawah kolom komentar yang kosong ini ya. Buat kamu yang berminat yang ingin berlangganan artikel via email. Kamu bisa masukkan email kamu dibawah dan tekan subscribe untuk berlangganan artikel seperti ini.

Berhubungan TechHijau.my.id sudah resmi terdaftar di Google Berita (News), kamu bisa ikuti sumber berita kami disana ya. Terimakasih untuk kamu yang sudah mengikuti (follow), telah menyempatkan waktunya dan membaca diblog ini ya! 😊


Sumber: Kompas Tekno, Blog WhatsApp

Mahasiswa jurusan komputer penggiat aktif kabar game/software, kepo teknologi, tutorial, desain dan berbagai hal teknis lainnya. Jika ada masalah, request artikel atau mau curhat terkait teknologi. Anda bisa sampaikan langsung melalui halaman kontak atau bio link.

Previous
Next Post »

💬 Recent Comment Disqus