Review Opera GX, Browser Gaming Pertama Di dunia dan Cara Instalnya

Review Opera GX, Browser Gaming Pertama Didunia
Tech Hijau™ - Persaingan dalam pertarungan di dunia peramban (browser) jaman sekarang ini sungguh suasana yang sangat sengit. Kita ketahui sebagai contohnya Google Chrome dan Firefox yang saat ini adalah peramban paling populer di dunia, dan disusulnya posisi dibawahnya adalah browser dari Vivaldi dan Opera. 

Dengan konsistensinya, Opera merencanakan untuk memberikan sentuhan keunikan tersendiri pada browser-nya, alasannya karena Opera ingin secara khusus memudahkan gamer untuk berselancar di web. Semua usaha mereka membuahkan hasil sebagai browser baru yang bernama Opera GX.

| Apa itu Opera GX?

Opera GX adalah versi browser dari Opera yang dapat disetel secara khusus, dengan fitur dan desain baru serta ciri khas yang unik. Maksud dari secara khusus disini yaitu diperuntukkan bagi orang-orang atau pengguna yang suka bermain game komputer (gamer).
Setelah saya lihat, browser ini baru saja dirilis bulan ini tepatnya pada tanggal 11 Juni 2019. Dengan begitu, Opera sekarang sedang membuka program akses awal (early access) untuk platform Windows saja, berarti bahwa mulai hari ini sobat bisa mengunduh dan menguji browser gaming tersebut. Saya muat dari informasi blog Opera memberitahukan bahwa, Opera GX akan diluncurkan untuk versi final (versi stabil atau resmi) di akhir tahun ini 2019.

Baca Juga


| Fitur Utama pada Browser Gaming Opera GX

Saya disini Admin sekarang mau menjelaskan dan me-review fitur utama dari Opera GX ini sebagai berikut.

GX Control Dapat Mengontrol Penggunaan CPU dan RAM oleh Browser

Review Opera GX, Browser Gaming Pertama Didunia!
GX Control - Blog Opera
Panel GX Control ini adalah fitur baru dari Opera yang memungkinkan sobat bisa menentukan berapa banyak CPU atau RAM pada komputer kalian sebagai browser. Dari fitur ini kalian bisa mengatur seberapa besar GB sesuai dengan kapasitas RAM dan berapa persen dari CPU menyesuaikan dengan perangkatmu dalam mengatur sumber daya yang ada. Sebagai contohnya di laptop Admin ini dengan RAM 4GB dan CPU yang bekerja (dalam persentase %).
Opera GX - Tech Hijau™
GX Control (CPU) - Tech Hijau™
Opera GX - Tech Hijau™
GX Control (RAM) - Tech Hijau™
Fitur yang dibenamkan di Opera GX ini tetap membatasi sumber daya yang berlebihan, tidak seperti browser / peramban lainnya yang haus akan memori, contohnya saja Google Chrome ya kan? Dengan fitur GX Control ini memberikan kepada kalian kendali penuh atas pengalaman bermain game sekaligus menjelajah internet. Maka saat kita bermain game dapat berjalan lebih lancar tanpa mengharuskan sobat berkompromi dengan apa yang kalian lakukan di Web.

Opera GX Siap Integrasi dengan Twich

Namanya juga sebutan dari "browser gaming", Opera GX sudah terintegrasi dengan Twich (platform streamer gaming) membuat browser ini praktis ketika kalian bisa masuk ke akun Twich kamu langsung dari bilah sisi dan memberi tahukan kepada kalian ketika streamer yang kamu ikuti ditayangkan.
Twich - Blog Opera
Dengan fitur utama dari Opera GX ini ada fitur pintasan ke situs populer di kalangan gamer termasuk Discord, YouTube, dan Reddit.

GX Corner Berisi Tentang Berita dan Penawaran Game Terbaru

GX Corner - Blog Opera
Opera GX juga memberikan fitur bernama GX Corner yaitu berupa "wadah" atau tempat pusat berkumpulnya berita game dari berbagai Web akan disajikan bersama penawaran game (promo / diskon) yang dikuratori dan informasi tentang pembaruan dan hal menarik lainnya.

Desain Game, Efek Suara, dan Integrasi dengan Perangkat Keras Game

Ultimate Design - Blog Opera
Nah di Opera GX ini browser yang dimodifikasi dengan desain, efek suara (sound effect) dan animasi lainnya yang mirip dengan tampilan / UI (user interface) didalam game. Inilah kelebihan dari Opera GX sebagai browser pertama dengan nuansa gaming look!
Opera GX - Tech Hijau™
Opera GX Ultimate Design - Tech Hijau™
Opera GX ketika pertama kali dikeluarkan dengan desain yang terinspirasi dari game dengan elemen gelap dan merah (ciri khas Opera atau AMD / ROG gitu😎). Desain ini kalian bisa mengubahnya dengan 10 warna utama, namun kalian bisa atur sendiri warnanya dengan bebas diperluas menjadi 16 juta warna! Disini Admin praktekkan langsung di perangkat saya.
Opera GX - Tech Hijau™
Opera GX Ultimate Design (Advance) - Tech Hijau™
Opera GX hadir dengan set wallpaper eksklusif yang dirancang agar sesuai dengan tampilan browser dan tampilan besar pada pengaturan game. Ini juga mencangkup integrasi Razer Chroma, yang berarti kalian punya perangkat lain seperti keyboard, mouse support RGB (warna-warni) akan menyesuaikan warnanya dengan warna sorotan yang dipilih di browser.

Apalagi dengan efek lain seperti efek suara dan animasi didalam Opera GX ini membuat kaya desain ala gaming. Tapi saya tunjukkan animasinya sekilas di perangkat Admin yang seperti ini!
Opera GX - Tech Hijau™
Opera GX (Animation) - Tech Hijau™

Fitur kuat Opera ditanamkan pada Opera GX!

Ini nih fitur andalan yang ditunggu Admin, disini Opera GX sudah ditanamkan fitur yang sama persis dengan Opera konvensional (yang versi biasa). Seperti yang kita ketahui sudah mendukung layanan pesan Telegram, WhatsApp, Facebook Messanger atau Vkontakte di bilah samping.
Opera GX - Tech Hijau™
Opera with Opera GX Social Media - Tech Hijau™
Opera sama dengan Opera GX dengan mempertahankan fungsi Video Pop-up yang populer dikalangan browser modern sekarang ini. Fitur yang berguna bagi pengguna dalam hal multitasking dengan melihat video yang diputar tanpa mengganggu pekerjaan.
Opera GX - Tech Hijau™
Opera GX Video Pop-up - Tech Hijau™
Fitur bawaan lainnya seperti built-in pemblokiran iklan akan menjaga bahwa website memuat cepat tanpa gangguan secara gratis, VPN bekerja tanpa ada log-browser yang membiarkan kalian tetap aman dalam menelusuri web saat menggunakan jaringan / WiFi umum. Rangkuman ini sudah dibuat oleh Opera sebagai berikut.
Features Opera on Opera GX - Blog Opera


Bagi pengguna Windows yang berminat bisa klik link dibawah ini.

| Cara Lengkap Instal Opera GX di Windows 10

  • Caranya gampang, tinggal klik "Unduh Opera GX" pada link yang sudah saya sertakan diatas.
Instal Opera GX - Tech Hijau™
Halaman unduh Opera GX - Tech Hijau™

  • Kedua, tinggal save file seperti biasa di folder "Download" atau ditaruh sesuai keinginan.
Instal Opera GX - Tech Hijau™
Unduh Opera GX - Tech Hijau™

  • Ketiga, buka setup klik 2x dan ikuti wizardnya, atau sesuaikan keinginan kalian.
Instal Opera GX - Tech Hijau™
Klik 2x folder Download - Tech Hijau™
Instal Opera GX - Tech Hijau™
Setup Opera GX - Tech Hijau™
Instal Opera GX - Tech Hijau™
Setup "Option" Opera GX - Tech Hijau™

  • Menunggu file unduhan data untuk browser Opera GX, setelah itu jadi deh!
Instal Opera GX - Tech Hijau™
Mengunduh Opera GX - Tech Hijau™
Instal Opera GX - Tech Hijau™
Browser Opera GX - Tech Hijau™

  • Selamat mencoba. 😉

Baca Juga



Gimana terkait dengan berita, review dan caranya diatas? Menarik bukan, sampai pegel ini nulis wkwkwk sama screenshoot hehe..😆 Namun Opera GX ini masih tahap awal, saya rasa kalian bisa ikut kontribusi untuk mengembangkannya sampai versi finalnya nanti dirilis pada akhir tahun 2019.

Oke, sekian dari postingan saya, jangan lupa subcribe dan nyalakan notifikasi untuk mendapatkan informasi giveaway game, berita, review aplikasi, dan lainnya secara gratis.  Bagikan pendapatmu tentang browser tersebut dikolom komentar. Bagikan juga artikel ini jika dirasa bermanfaat kepada temanmu supaya pantas dimiliki browsing gaming pertama kali didunia sebagai seorang gamer! 👌😎


Sumber: Blog Opera GX

Mahasiswa jurusan komputer penggiat aktif kabar game/software, kepo teknologi, tutorial, desain dan berbagai hal teknis lainnya. Jika ada masalah, request artikel atau mau curhat terkait teknologi. Anda bisa sampaikan langsung melalui halaman kontak atau bio link.

Previous
Next Post »

💬 Recent Comment Disqus